BMD

BMD (awas, bukan BMW!), adalah singkatan dari Bertanya, Menulis, Diskusi. Strategi ini dilakukan oleh guru pada saat melakukan kegiatan di awal . BMD dilakukan untuk membuat siswa aktif di awal pelajaran dan sangat efektif dalam menghantarkan materi. Cara ini pun cukup ampuh untuk menghindari teacher centered atau kegiatan yang berpusat pada guru.

Berikut langkah-langkahnya:

Di awal kegiatan, ajukan pertanyaan (Bertanya) yang ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari siswa. Misalnya :

‘apa yang kamu ketahui tentang awan?’

Kemudian, minta siswa untuk Menuliskan jawabannya di kertas. Beri waktu, misalnya lima menit untuk menulis.

Setelah itu, siswa diminta untuk Mendiskusikan (Diskusi)jawabannya dengan teman kelompoknya atau pasangannya, atau teman di sebelah kiri atau kanannya. Guru bisa memilih cara yang paling tepat dalam kegiatan berdiskusi ini.

Nah, dengan menggunakan cara BMD, rasanya tidak ada siswa yang ‘nganggur’ atau memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan di luar program guru. semua akan ikut berpartisipasi aktif, mulai dari menulis sampai mendiskusikan jawabannya. Guru hanya tinggal memberikan pertanyaan singkat.

Ingat, pada saat mengajukan pertanyaan, berilah pertanyaan terbuka sehingga memancing siswa untuk berfikir dan jawaban yang dihasilkan oleh kelas akan sangat bervariasi. Apa yang dilakukan oleh guru setelah mendengar banyak jawaban siswa? Bisa beragam tentunya. Berikut beberapa alternatif kegiatan:

1. Guru menulis jawaban di papan tulis

atau

2. Guru meminta siswa untuk menempelkan jawabannya di papan tulis

Setelah kegiatan di atas, guru dan siswa dapat melihat kembali jawaban yang dihasilkan di akhir pembelajaran dan membandingkan pengetahuan sebelumnya dan setelah mereka mendapat informasi pada saat belajar.

Nah, dengan cara di atas, kita mendapatkan dua cara dalam mengaktifkan siswa, yaitu di awal pembelajaran dan di akhir pembelajaran. Keduanya membutuhkan keaktifan siswa. BMD harus dirancanakan sebelum kegiatan mengajar sehingga kegiatannya bisa ditulis di RPP atau Lesson Plan. Mau coba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: