Asesmen

Asesmen atau penilaian merupakan salah satu komponen penting yang harus dilakukan guru selain perencanaan dan proses belajar mengajar. Menurut Fountas dan Pinnell, asesmen dimulai dengan melihat apa yang sudah siswa ketahui. Bukti bahwa siswa tahu adalah dengan melihat apa yang mereka dapat lakukan.

Ada tiga jenis asesmen yang perlu kita ketahui:

1. Diagnostik : dilakukan sebelum program berjalan dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai suatu materi atau memiliki suatu keterampilan sehingga guru dapat menyesuaikan kegiatan dan materi yang akan diberikan.

alat asesmen yang dapat digunakan: observasi, pre test

2. Formatif: Dilakukan pada saat program berjalan. Siswa diberi masukan oleh guru tentang apa yang sedang dipelajariatau bagaimana mereka belajar. kegiatan ini memberi informasi tentang bagaimana proses belajar yang sedang dijalani oleh siswa.

Alat asesmen yang dapat digunakan: observasi, portofolio, refleksi

3. Sumatif: Dilakukan di akhir program. Bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa setelah mengalami proses belajar dalam kurun waktu tertentu .

Alat asesmen : test, performance task (unjuk kinerja)

One thought on “Asesmen

  1. Artikel sederhana tapi mengingatkan kita apa yang harus kita lakukan untuk menilai pemahaman siswa bukan hanya dengan tes tertulis saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: