Mengapa (Mau) Jadi Guru?

Saat santai penulis mengajukan pertanyaan iseng kepada beberapa rekan guru di kantin.  Pertanyaannya seperti ini: ‘Kalau punya anak perempuan, apakah diperbolehkan apabila kelak menikah dengan guru?’ Kalau punya anak lelaki, apakah boleh menjadi guru?’ .  Pertanyaan sederhana, namun ternyata ke tiga rekan saya tidak cepat menjawab.  Mereka berpkir cukup lama juga sebelum menyampaikan jawabannya.

Akhirnya jawaban yang ditunggu-tunggu keluar juga.  Jawaban pertama adalah seperti ini:

‘Wah, saya harus relistis. Jadi guru, apalagi guru SD, berapa sih gajinya?  Kalau anak saya bermenantukan atau menjadi guru besar sih oke saja…..’

Apa jawaban dari rekan saya yang ke dua?

‘Saya sih tidak melarang, tapi kalau bisa sih jangan…..’

Jawaban dari rekan ke tiga adalah sebagai berikut :

‘Saya ingin anak saya bahagia,  dan kebahagian terletak pada terwujudnya pilihan dalam hidupnya.  Sama dengan saya.  Saya ingin sekali menjadi guru.  Saya tahu gajinya tidak besar namun tanggung jawabnya besar.  Menjadi guru masih belum terlalu bergengsi di mata orang.  Tapi saya tidak tahu mengapa saya tetap ingin menjadi guru, dan saya bahagia dengan pilihan saya.’

Teman, jawaban ke tiga cukup menggelitik saya.  Ternyata gambaran rekan ke tiga ini  terhadap profesi guru persis seperti lagu cinta yang sering saya dengar…unconditional love…..Betapa indahnya apabila kita mencintai pekerjaan yang tidak dibebani dengan ini itu, tidak berat kepada duniawi, namun bekerja penuh komitmen, tidak merasa terbebani………

Pertanyaan santai memberi pelajaran berharga bagi saya.  Terima kasih rekan-rekan guru.  Apapun jawabannya, tetap bisa membuat saya untuk berefleksi.

Leave a Reply

