Reflective Journal atau Jurnal Belajar

Belajar merupakan suatu perjalanan panjang atau disebut juga sebagai Long Journey. Dalam perjalanannya tersebut, tentunya sang pelajar perlu melihat apa yang terjadi dalam proses beelajarnya.  Refleksi, tepatnya.  Siapa yang perlu melakukan refleksi?  Ya semua pembelajar.  Mulai dari guru sampai siswa.  Untuk dapat menjadi pembelajar yang baik, perlu kiranya yang bersangkutan melakukan refleksi dengan cara menuliskan perjalanan proses belajarnya.  Kumpulan tulisan yang digoreskannya tersebut dinamakan sebagai Jurnal Belajar atau Learning Journal atau disebut juga dengan nama Reflective Journal.

Menurut Dennis List,   jurnal belajar merupakan kumpulan catatan yang berisikan tentang proses belajar seseorang yang bertujuan agar pembelajar dapat belajar dari pengalamannya selama menjalani proses tersebut.

Menurut beliau, jurnal belajar bukanlah kumpulan catatan materi pelajaran, bukan pula kumpulan dari catatan kegiatan belajar yang berisi jadwal dan kegiatannya.  Jurnal belajar berisi catatan refleksi dan pikiran-pikiran dari si pembelajar.

Di Sekolah Dasar, jurnal belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara:

1.  Dilakukan seminggu sekali dengan menuliskan pengalamannya belajar selama satu minggu.  Guru bisa meminta siswa memilih satu kegiatan dan pendapatnya mengenai apa yang sudah dilakukan, misalnya kejadian pada saat berteman, bermain atau yang berhubungan dengan non akademik.

2. Dilakukan setelah mempelajari topik materi tertentu.  Siswa menuliskan apa yang mereka rasakan setelah mereka belajar materi tersebut, bagaimana pendapatnya dan apa yang bisa mereka lakukan untuk bisa lebih baik lagi.

Bagaimana  dengan guru?  Sama dengan siswanya, mereka dapat menuliskan pendapatnya tentang  kegiatan mengajar dan bagaimana usaha untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya serta memperbaiki kualitas pembelajarannya.

Berikut adalah contoh refleksi dari siswa yang diberi komentar gurunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: