Pajangan atau Display

Pajangan telah menjadi perhatian bagi guru setelah mereka mengenal PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).  Beberapa diantara mereka mulai mencoba memajangkan hasil kerja siswa dan sangat antusias melihat hasilnya.  Namun banyak pula diantara mereka yang merasa kesulitan dan akhirnya frustasi dalam memajangkan hasil kerja siswanya.  Sebagian lagi memajangkan karya siswa tanpa memperhatikan kaidah-kaidah estetika, kreatifitas dan filosofi dari pajangan itu sendiri.

Terlepas dari masalah isu-isu yang ada mengenai pajangan, usaha guru-guru dalam kegiatan pemajangan perlu diapresiasi mengingat mereka melakukan kegiatan tersebut tanpa referensi yang cukup dan bahkan tanpa fasilitas yang memadai.

Pajangan merupakan sarana apresiasi guru terhadap usaha siswa dalam berkarya.

Pajangan dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi bagi siswa.

Bahan pajangan dapat dimanfaatkan sebagai media belajar siswa, misalnya kalender, kerangka, foto, garis bilangan, dan lain-lain.  Namun sebaliknya, gambar pahlawan dan kalender atau poster tidak akan bermanfaat bagi siswa apabila tidak digunakan atau dimanfaatkan oleh guru dalam mengkoneksikannya dengan tema.  Barang-barang tersebut ditempel hanya sebagai hiasan biasa.

Bahan pajangan dapat memuat materi yang sedang dipelajari siswa, misalnya tabel perkalian, rumus.

Bahan pajangan dapat menstimulasi siswa tentang topik yang akan dibawakan di waktu yang akan datang, misalnya pertemuan berikutnya adalah tentang pengukuran.  Guru dapat meminta siswa untuk membawa beraneka alat ukur, misalnya meteran, berbagai macam penggaris dan lainnya.  Guru dan siswa dapat berdiskusi sebentar tentang pengukuran yang akan dibahas di waktu mendatang.

Pajangan dapat memberi informasi kepada komunitas sekolah tentang apa yang sudah dan sedang dipelajari.  Karya siswa memberi informasi tentang hal tersebut.  Selain itu, pajangan dapat pula memberi tanda tentang produktivitas suatu kelas.  Semakin banyak karya siswa yang dipajang, semakin menunjukkan bahwa kelas tersebut cukup produktif.

Berikut saya post kan beberapa karya pajangan dari beberapa sekolah negeri atau pun swasta di Indonesia maupun dari sekolah luar.  Silahkan klik di sini.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: