Kelas Sebagai Motivator

kelas sebagai motivatorSebagai pribadi yang unik, setiap siswa tentunya memiliki kekuatan dan keterbatasan yang berbeda satu sama lain.  Di kelas ini lah guru melihat perbedaan – perbedaan ini sebagai suatu hal yang bukan untuk dipermasalahkan, namun sebagai awal untuk mengembangkan potensi mereka.  Setiap kegiatan yang diberikan haruslah melihat kondisi siswa sehingga mereka merasa bahwa belajar merupakan hal yang menantang, tidak menjadikan mereka frustasi dan merasa gagal.

Apa yang dilakukan siswa, apakah menulis, berhitung atau pun bermain musik serta membaca haruslah diawali dengan keyakinan bahwa mereka memiliki kelebihan.  Sedangkan kekurangan yang mereka miliki akan segera mereka tingkatkan untuk menjadi sesuatu kelebihan.  Perasaan ini sangatlah penting untuk menunjang proses belajar di sekolah sehingga siswa dapat mengikuti segala kegiatan dengan penuh percaya diri.

Siswa dibimbing untuk selalu merasa bangga atas hasil karya nya dan yakin bahwa apa yang dihasilkan adalah spesial dan merupakan hasil kerja terbaik nya.

Apa yang dilihat di sekeliling kelas, seperti poster, pajangan kelas dari hasil karya siswa, tentunya akan memberikan motivasi kepada siswa bahwa karya mereka layak untuk dipublikasikan.  Berkembangnya perasaan – perasaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi belajar anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: