Apa Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Hadiah dan Hukuman?

Hadiah

Hukuman

  • Terlihat bagus, baik, namun tidak efektif
  • Memberi motivasi untuk mendapat hadiah, bukan mendapat hasil yang terbaik
  • Kalau tidak ada hadiah, tidak akan dilakukan atau mengerjakan
  • Melakukan tugas hanya untuk orang dewasa, bukan untuk kepentingan diri sendiri
  • Hidup tergantung ’external motivation’
  • Tidak ada ’internalized value’
  • Siswa tidak memiliki komitmen untuk mengubah sikap
  • Orang dewasa  lelah menghadapi masalah yang sama
  • Siswa : kenapa saya harus melakukan ini?, mereka ingin saya melakukan apa? – seharusnya : apa yang harus saya lakukan agar lebih baik?
  • Membuat anak marah
  • Ingin balas dendam
  • Simbol penggunaan ‘power’
  • Terlihat efektif, namun tidak ada yang dipelajari anak
  • Membuat anak ’terpaksa’ dalam mengerjakan tugas

BERIKAN ANAK KESEMPATAN UNTUK MEMILIKI MOTIVASI DIRI YANG KUAT, BUKAN BERASAL DARI FAKTOR LUAR.  HADIAH AKAN MEMBUAT ANAK TIDAK MEMILIKI MOTIVASI DIRI.

Beritahu mereka betapa pentingnya belajar, kehidupan bersosialisasi dan ini akan menjadikan mereka menjadi seorang pembelajar yang mandiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: