DEAR : Drop Everything And Read!

readingKegiatan membaca memang tidak dapat dilakukan tanpa perencanaan dan pembiasaan. Ya, kegiatan membaca harus didesain secara serius sehingga memiliki dampak terhadap kebiasaan anak dalam membaca. Banyak cara yang bisa dilakukan di kelas, salah satunya adalah program DEAR (Drop Everything And Read). kegiatan membaca ini dilakukan selama 15-20 menit saja, namun rutin dilakukan setiap hari, dengan waktu yang sama agar rutinitas bisa terjaga. ‘DEAR’ di sini maksudnya adalah sempatkan kegiatan membaca dengan menunda kegiatan lainnya terlebih dahulu.

Kegiatan membaca di atas dapat berupa ‘silent reading’ atau membaca senyap. Nach, tagihan dari kegiatan ini adalah meminta setiap siswa untuk menuliskan intisari dari apa yang dibacanya atau hanya menyebutkan beberapa hal penting saja. Guru dapat meminta siswanya melakukan kegiatan menulis ini dengan menggunakan salah satu ‘organizer’. Siswa merasa senang melakukan kegiatan tersebut karena melakukannya dengan cara yang berbeda.

Nach, silahkan mencobanya. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk siswa mulai dari kelas satu SD sampai siswa SMA, hanya tagihannya yang dibedakan tingkat kesulitannya.

organizer 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: