Brain Friendly Activities: Kegiatan Yang Sesuai Dengan Cara Kerja Otak

hari 1Tahun ajaran baru sudah berjalan hampir satu bulan lebih. Banyak kegiatan yang sudah kita berikan kepada siswa. Namun penulis hanya ingin mengingatkan saja kepada seluruh guru untuk selalu memberikan kegiatan yang memberikan rasa nyaman bagi siswa dan selalu memberikan kegiatan yang menantang. Hal tersebut sangatlah sesuai dengan cara kerja otak. Silahkan membaca hal-hal yang bisa membuat siswa kita belajar dengan nyaman setelah ini.

  • Mencoba untuk selalu mengingat nama siswa, khususnya pada saat pertama kali mereka masuk di tahun ajaran. Hal ini akan membuat siswa merasa nyaman di kelas dan memiliki perasaan diterima lingkungan.
  • Menyapa siswa dengan ramah. Siswa akan merasa dihargai dan dibutuhkan.
  • Memeriksa tugas secara detail, memberi komentar dan mengembalikannya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Siswa akan sangat terbantu dalam mengevaluasi diri.
  • Membantu siswa belajar dengan memberikan kegiatan yang menantang dan memberi kesempatan agar mereka mencari sendiri jawaban – jawaban. Hal ini akan membantu mereka belajar secara alami.
  • Belajar kelompok dan berdiskusi sangat baik dalam memberikan kesempatan kepada mereka untuk menstimulasi otak.
  • Membawa alat bantu mengajar akan berguna bagi siswa untuk memperhatikan apa yang disampaikan.
  • Memberikan contoh yang nyata dari kehidupan membuat siswa mampu menghubungkan antara teori dan contoh.
  • Mengatur kembali kelas yang akan dipakai akan memberikan perasaan ’hidup’, tidak bosan.
  • Humor akan memberikan perasaan gembira dan lebih siap menerima pelajaran.
  • Musik dan gerak akan membantu siswa berhenti sejenak untuk kembali siap belajar
  • Memberi kesempatan untuk berpresentasi dan maju ke depan kelas akan membuat siswa tertantang. Tantangan sangat bagus untuk otak.
  • Pada saat tahun ajaran dimulai, siswa diberi kesempatan untuk mengenal satu sama lain, hal ini membantu siswa dalam memiliki perasaan nyaman di dalam kelas.
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya atau menyatakan pendapatnya sendiri. Hal ini merupakan tantangan bagi mereka.
  • Pembagian kelompok dilakukan dengan berbagai cara, sehingga siswa merasakan adanya keadilan.
  • Meminta siswa untuk membuat refleksi setelah belajar suatu materi. Setiap siswa belajar dengan caranya sendiri, hal ini menggambarkan bahwa setiap siswa unik.
  • Membuat aturan main di dalam kelas, membuat siswa tahu apa yang dilakukan dan mengenal rutinitas. Hal ini bermanfaat bagi otak dalam mencari pola dan respon yang muncul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: