Pendampingan: Solusi Meningkatkan Kualitas Pengajaran

Tidak sedikit sekolah yang mengeluhkan kualitas gurunya yang tidak mengalami perubahan yang cukup meningkat  setelah dilatih berkali-kali.  Apa yang terjadi?  Salah siapa?  Apakah jenis pelatihannya yang kurang sesuai dengan kebutuhan guru ataukah materi pelatihan terlalu sulit untuk dipahami atau memang ada faktor lain?

Menurut pengalaman penulis, guru yang telah dilatih membutuhkan waktu untuk memahami dan mempraktikkannya.  Namun dalam kenyataannya. mereka terkadang memiliki kesulitan atau kendala dalam mempraktikkannya tersebut.  Apabila hal tersebut berulang terus menerus, tentu saja mereka akhirnya akan meninggalkan cara yang direkomendasi lewat pelatihan dan akhirnya kembali kepada cara yang lama.

Kejadian di atas tentunya membuat pengelola sekolah frustasi dan merasa telah mengeluarkan biaya dengan sia-sia.  Tentunya pandangan ini perlu diluruskan.  Bagaimana caranya?

Perlu komitmen dari seluruh pihak setelah yayasan mencanangkan program pengembangan gurunya.  Siapa yang punya peran dalam hal ini?  ya tentu saja semuanya.  ya Kepala Sekolahnya ya gurunya.  Bagaimana caranya?  Mudah-mudahan diagram bertikut dapat membantu teman-teman dalam megembangkan kompetensi gurunya.  Silahkan mendownloadnya di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: