Good Teacher

Teman-teman, ada beberapa tulisan tentang guru yang baik.  Tulisan ini saya ambil dalam bentuk aslinya, tidak saya terjemahkan karena khawatir terjemahan saya kurang pas.  Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

A good teacher is like a candle – it consumes itself to light the way for others.  ~Author Unknown

Give a man a fish and you feed him for a day; teach a man how to fish and you feed him for a lifetime.

Teaching is not a lost art, but the regard for it is a lost tradition.  ~Jacques Barzun

Good teachers are costly, but bad teachers cost more.  ~Bob Talbert

Teaching should be full of ideas instead of stuffed with facts.  ~Author Unknown

The true teacher defends his pupils against his own personal influence.  He inspires self-distrust.  He guides their eyes from himself to the spirit that quickens him.  He will have no disciple.  ~Amos Bronson Alcott

A good teacher is a master of simplification and an enemy of simplism.  ~Louis A. Berman

Nach, setelah membaca semua di atas, apa ada yang bisa kita renungkan?

2 thoughts on “Good Teacher

  1. Ms. Angie, karena saya pribadi pernah mempunyai masalah dengan Azka yang pernah mengalami trauma dengan guru TK sebelum di X School, jadi menurut saya bahwa teacher yang baik adalah yang membuat anak saya selalu mau ke sekolah dan mau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

    Nah, permasalahan saya saat ini adalah bhw setiap ada pelajaran English, sepulang sekolah dia selalu menceritakan guru bahasa Inggrisnya, sepertinya dia bangga sekali dengan guru tsb, padahal gurunya adalah ms. X dan ms.Y.

    Sampai suatu hari, pulang sekolah dia dengan semangat bercerita, “ibu, hari ini disekolah ms. Y bacain buku cerita in English loo…sekarang ms. Y sudah bisa bahasa Inggris…sekarang aku tambah seneng dengan ms. Y….Akhirnya pertanyaan saya terjawab sudah, bahwa azka senang dengan guru bahasa Inggrisnya karena beliau suka bicara in English. Saya hanya bisa menjelaskan bahwa di sekolah semua teacher azka bisa bahasa Inggris, mereka menggunakan bahasa indo karena tergantung pelajaran yg diberikan.

    Demikian Ms. Angie, terima kasih sebelumnya.

    Ayu Averuss

    • Ya bu, memang cara pandang anak terkadang jauh berbeda dengan cara pandang orang dewasa. Mereka bisa menyenangi sesuatu, termasuk gurunya dari hal-hal yang simple yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Leave a Reply

