Peak Activities: Kegiatan Puncak

science projectSiswa perlu media untuk menerapkan segala pengetahuan dan keterampilannya yang telah mereka peroleh dalam kurun waktu tertentu. Dalam satu unit, misalnya, selama 4 minggu, siswa telah belajar jenis-jenis tanaman, habitatnya dan ciri serta kebutuhannya. Selama berminggu-minggu mereka melakukan observasi, identifikasi serta kegiatan lainnya untuk mengembangkan kompetensinya. Guru mengajak siswanya untuk mencari informasi di internet atau buku-buku yang ada untuk mendukung kegiatan mereka. Setelah semuanya selesai, guru mencari satu kegiatan penutup yang bisa menerapkan seluruh pengetahuan mereka. Akhirnya guru meminta siswanya untuk memilih tanamanyang akan mereka tanam. Berbekal pengetahuan tentang ciri dan kebutuhan suatu tanaman, siswa kemudian menanam satu jenis tanaman di botol aqua yang telah dihias sebelumnya. Mereka harus tahu bagaimana memeliharanya agar tanamannya tidak mati.

Kegiatan di atas merupakan kegiatan puncak atau peak activities yang diberikan dengan tujuan agar siswa memahami apa yang telah dipelajarinya dan dapat mengaplikasikannnya. Kegiatan puncak biasanya diberikan di akhir unit ( yang memakan waktu 3-5 minggu) dengan asumsi mereka telah mengalami berbagai pengalaman belajar dan dapat mengambil benang merah dari apa yang telah dipelajarinya.

Ingin mencobanya?  Silahkan mencari kegiatan puncak yang lebih kreatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: