ODC dan Aplikasinya

Apa itu ODC? Apabila teman-teman menginginkan siswanya aktif dalam belajar sains, silahkan menggunakan strategi ini. strategi ini dapat dilaksanakan untuk segala usia, mudah dalam pelaksanaannya, membuat siswa aktif dan sumber belajarnya dapat dicari di sekitar lingkungan sekolah.

ODC, atau Observe, Draw, Compare dapat digunakan kapan saja, tinggal disesuaikan dengan tujuan. Berikut adalah tahapan penerapannya.

1. Observe. Ajak siswa untuk mengamati satu objek.

2. Draw. Minta siswa untuk menggambar objek tersebut dari sisi mereka melihat. Setiap siswa memiliki sisi yang

berbeda dalam menggambar objek tersebut, tergantung posisi mereka pada saat observasi.

3. Compare. Ajak siswa mencari pasangan dan saling membandingkan perbedaan dari gambar yang dihasilkan.

kemudian mereka bisa membuat daftar dari ciri-ciri objek yang sedang diamati.

Nach, mudah bukan? Silahkan mencobanya….

-Kagan & Kagan, 1998

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: