Van Hiele dan Pembelajaran Geometri

“Children have real understanding only of that which they invent themselves, and each time we try to teach them something too quickly, we keep them from reinventing it themselves.”

( Jean Piaget )

Apa yang disampaikan oleh Jean piaget di atas memberikan penjelasan kepada kita semua bahwa anak memahami apa yang dipelajarinya apabila mereka mengalaminya sendiri, yaitu memiliki kesempatan untuk mencoba dan bereksplorasi sehingga menemukan sendiri jawaban dari apa yang belum dipahaminya. Proses ini akan memberikan pemahaman yang mendalam karena semuanya dialami sendiri oleh anak. Berikutnya adalah mengenai proses belajar anak. Setiap anak akan mengalami kesulitan apabila mendapatkan materi yang terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan, atau memberikan meraka hal yang baru namun belum saatnya diberikan.

Hal di atas juga terjadi pada saat anak belajar geometri. Seorang matematikawan dari Belanda, yaitu Pierre Van Hiele, menyatakan bahwa seseorang akan mengalami kesulitan dalam belajar geometri apabila materi diberikan tanpa melihat urutan yang sebenarnya. Urutan di sini tidak memperhatikan usia namun pengalaman belajar mereka. Seorang anak yang terlalu cepat diberikan materi tanpa melihat urutan yang benar akan sulit dalam memahami konsep karena mengalami lompatan.

Nah, apabila teman-teman ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana memberikan pembelajaran geometri yang baik berdasarkan teori Van Hiele, silahkan mendownload tulisan saya di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: