Mengapa Kita Perlu Bertanya?

tanya Teman-teman, mari kita ingat-ingat, berapa kali kita mengajukan pertanyaan kepada siswa kita dalam satu kali pertemuan di kelas? Jenis pertanyaan apa saja yang sering kita berikan? Apakah kita terbiasa mendesain terlebih dahulu jenis-jenis pertanyaan pada saat membuat rencana pembelajaran atau mengalir begitu saja pada saat kita di depan kelas? Apa dampaknya terhadap siswa?  Nah sebelum teman-teman menjawabnya, silahkan terus baca materi ini dengan membuka halaman berikutnya. 

Berikut adalah tujuan mengapa guru harus bertanya kepada siswanya:

Mengajak siswa untuk berfikir

Memberi motivasi

Meningkatkan keefektifan belajar

Meningkatkan hubungan antara guru dan siswa

Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui komunikasi antar siswa

Melihat sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan diberikan

Mengevaluasi pembelajaran

Mengevaluasi keefektifan pengajaran

Membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami tugas

Mendorong siswa agar memiliki minat terhadap materi yang sedang diberikan

Nah, terus kapan guru sebaiknya memberikan pertanyaan? jawabannya singkat :

kapan saja. Yang penting pertanyaan yang diajukan selalu mengacu kepada tujuan

yang akan dicapai.

Jenis pertanyaan apa yang sebaiknya diajukan? Pertanyaan terbuka, tertutup atau

pertanyaan yang bersifat reflektif dapat diberikan oleh guru.

Bagi teman-teman yang ingin melihat contoh pertanyaan yang diajukan selama proses

pembelajaran, silahkan melihatnya pada contoh RPP atau lesson plan matematika di

file berikut dengan meng klik nya di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: