Kualitas dalam Pendidikan

q in edKualitas dalam pendidikan harus dikembangkan dan dijaga.  Apa saja komponen kualitas dalam pendidikan?

Kualitas pembelajar didukung oleh orang tua, fisik dan psikis yang sehat.  Semangat belajar siswa dapat dilihat dari tingkat kehadiran mereka di sekolah.

Kualitas lingkungan belajar melingkupi lingkungan yang sehat dan bersih, jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, lingkungan yang aman dan nyaman, adanya interaksi antar siswa yang kondusif, lingkungan berfungsi sebagai sumber belajar , inklusi, disiplin yang positif serta adanya interaksi yang sehat dengan orang dewasa.

Kualitas kurikulum yang baik membutuhkan standar, berisi materi kecakapan hidup, memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan dasar, ada keterkaitan materi dan memiliki muatan lokal sesuai kebutuhan sekolah.

Kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya proses belajar yang berpusat kepada siswa, ada kolaborasi antara siswa, bukannya kompetisi, setiap tugas mengembangkan keterampilan berfikir tingkat tinggi.

Kualitas SDM menuntut SDM yang menguasai pedagogik, memiliki kepemimpinan, guru yang memiliki harapan positif terhadap siswanya, guru sebagai komunitas pembelajar dan sekolah memiliki program pengembangan guru yang berkesinambungan.

Kualitas penilaian siswa ditunjukkan dengan penggunaan penilaian otentik, pencatatan yang sistematis, terencana, sistem pelaporan yang memadai, berkelanjutan dan menggunakan alat ukur yang bervariasi.

Kualitas hasil belajar mengacu kepada kompetensi siswa yang sesuai dengan standar yang ada.

Peningkatan kualitas pendidikan harus direncanakan, kemudian dilaksanakan, dievaluasi dan kemudian ditingkatkan.  Begitu seterusnya, tidak bisa berhenti di satu titik kegiatan, harus dilaksanakan kesemua langkahnya.

4 thoughts on “Kualitas dalam Pendidikan

  1. “Paket” yang Ibu sampaikan di sini cukup sulit juga untuk diaplikasikan secara keseluruhan ya Bu… Tapi segala sesuatu mungkin untuk dilakukan.
    Semoga kita semua tetap semangat dan optimis ya, Bu🙂

    • Memang bu cukup sulit, kompleks dan memakan waktu yang panjang. Tetapi, bukankah kalau ingin mencapai yang terbaik harus mendaki dan kesulitannya harus dilalui?

  2. 7 kualitas diatas memang harus dimiliki oleh pengelolan pendidikan .
    hanya sayangnya masih banyak teman teman guru yang belum mendapat kesempatan untuk memahami dan mendapatkan pelatihan yang memuat “paket” diatas.

    jika ada kegiatan seperti yang dilakukan oleh ibu pada tanggal 7 Desember 2009 , kami sangat senang jika diikutkan,

    • Pak Hari, sebetulnya MGPBE ada rencana untuk mengadakan pelat quality assurance untuk sekolah di tahun 2010 nanti. Meskipun masih dalam tahap wacana, namun kami berharap pelatihan tersebut akan jadi dilaksanakan. Sayang ya Bapak memiliki kendala untuk mengikuti program kami. Sangat bermanfaat sebetulnya kalau bisa ikutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: