Kepemimpinan Kurikulum

Teman baik saya sudah berbaik hati memberikan ‘The Art of School Leadership’ karya Thomas R Hoerr.  Buku ini berisi pengalamannya selama 28 tahun memimpin sekolah.  Banyak hal menarik yang disampaikannya.  salah satunya adalah kata-kata beliau yang selalu saya ingat:  ” Pemimpin Yang Baik adalah mereka yang memberikan perubahan terhadap organisasinya.  Tetapi pemimpin Yang Hebat adalah mereka yang bisa merubah stafnya untuk lebih baik. 

Pemimpin hebat menolong para stafnya untuk berkembang, belajar terus menerus dan menciptakan budaya di lingkungan kerja.

Pemimpin yang hebat  selalu mencari cara bagaimana mengelola sesuatu.  Tidak ada satu pun cara yang cocok untuk semua masalah.  Tidak ada satu prosedur pun yang bisa menyelesaikan semua masalah.  Oleh sebab itu, tidaklah heran apabila suatu organisasi sudah memiliki sistem namun masih saja bermasalah kepemimpinan seseorang.  hal ini dikarenakan memimpin adalah art, atau seni. Kita harus selalu mengolah masalah, mencari cara yang paling cocok untuk masalah tersebut.

Sebetulnya kepemimpinan apa sih yang cocok untuk suatu sekolah?  menurut saya sih tergantung visi dan misi sekolah tersebut.  Namun apabila saya diminta pendapat calon kepala sekolah  seperti apa yang harus dicari, jawaban saya selalu sama : Kepemimpinan Kurikulum. Apa itu?

Kepemimpinan kurikulum adalah mereka yang memimpin sekolahnya dengan mengedepankan proses belajar siswa.  Oleh sebab itu mereka sangat menguasai kurikulum, memiliki kebijakan yang selalu mengutamakan kebutuhan siswa.  Memiliki panduan program, rencana pengembangan guru, selalu haus akan inovasi-inovasi dalam pendidikan.

Nah, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki latar belakang kependidikan dan terlanjur menjadi kepala sekolah?  saran saya sih ya belajar yang cepaaattt…..

2 thoughts on “Kepemimpinan Kurikulum

  1. Profil pemimpin sekolah dasar ideal kayaknya dapat ditemukan di buku TOTO CHAN. Bersyukur baru-baru ini aku dipinjami sama teman. Katanya buku ini jadi bacaan “wajib” guru-guru jepang.
    Dah baca belum…….

    • Sudah pak, sekitar 3 tahun yang lalu. Memang buku ini sangat menarik dan wajib dibaca oleh para pendidik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: