“Good to Great’

‘Good to Great’ adalah materi seminar yang dibawakan Mary van der Heijden dari United World College Singapura dalam acara Seminar ‘Quality in Education’ yang diselenggarakan oleh EduLab Tara Salvia, Bintaro , 4 Maret 2009 yang lalu. Materi ini cukup menarik karena di dalamnya berbicara tentang bagaimana suatu sekolah berjalan dari kondisi yang ada (Good) menuju kondisi Luar biasa (Great).

Untuk mewujudkan kondisi luar biasa tersebut, sekolah harus memiliki seorang pemimpin yang berkualitas, yaitu pemimpin yang mempunyai kepemimpinan level 5, bisa mengatasi ‘Brutal Facts’ (kenyataan/fakta yang pahit) dan memiliki SDM yang tepat (right people). Kesemuanya ini tidak ada hubungannya dengan fasilitas, jadi intinya, siapapun bisa menjadikan sekolahnya menjadi sekolah yang luar biasa atau ‘Great’. Jadi, bagaimana usaha pemimpin sekolah bisa mewujudkannya menjadi hal yang sungguh penting.

‘Good to Great’ menjadi sangat menarik karena cukup relevan dengan kebutuhan sekolah untuk meningkatkan kualitasnya. Banyak diantara kita terkadang merasa sudah berusaha mati-matian meningkatkan sekolah dengan melakukan berbagai hal, namun kenyataannya sekolah masih berada dalam kondisi yang sama. Nah, menurut teori ‘Good to Great’, apakah langkah kita memang sudah fokus pada sasaran yang sebenarnya, atau dianggap memang sepertinya sudah tepat?

‘Good to Great’ mengingatkan kita agar apapun yang kita lakukan untuk sekolah haruslah selalu fokus pada kualitas pembelajaran, bukan asesorisnya. Nah loh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: