School Self-Assessment (SSA) dan Peningkatan Mutu Sekolah

School Self-Assessment (SSA) atau Penilaian Diri Sekolah adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas program Sekolah melalui refleksi diri dan penilaian yang dilakukan oleh rekan sejawat. SSA banyak dilakukan oleh Sekolah-Sekolah maju yang menyadari pentingnya peningkatan kualitas. Kepentingan dilakukannya SSA sebenarnya lebih bertujuan kepada kepentingan sekolah itu sendiri dan rasa tanggung jawab yang besar untuk selalu memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak .

Dalam rangka peningkatan mutu tersebut, Tara Salvia telah melakukan SSA dengan melibatkan manajemen, perwakilan guru dan staf administrasi.

Tujuan dilaksanakan SSA adalah untuk melihat sejauh mana program sekolah berjalan sesuai dengan Standar yang telah ditentukan. Saat ini sekolah menggunakan dua Standar yaitu SSN (Sekolah Berstandar Nasional) dan Sekolah Efektif menurut The South Australian Department of Education and Children’s Services Improvement). Kedua standar tersebut memiliki persamaan dari sisi keharusan sekolah untuk senantiasa menitik beratkan program pembelajaran. Standar Nasional masih menentukan standar fasilitas sebagai salah satu standar yang harus dipenuhi, sedangkan Standar Sekolah Efektif sama sekali tidak menyebutkan hal itu. Sekolah Efektif lebih berfokus kepada Tata Kelola, Gender dan Manajemen Perubahan. Hasil refleksi tersebut ditindak lanjuti dengan membuat program-program peningkatan mutu.

Dalam Proses SSA, banyak alat yang dapat dipakai, mulai dari Diagram Lotus, Diagram Tulang sampai Jaring laba-laba atau Spider Web.

SSA atau School Self-Assessment merupakan bagian dari Quality Assurance Sekolah yang dilakukan sebelum sekolah membuat program untuk tahun ajaran berikutnya. Selama 4 hari Tim Tara Salvia memulai kegiatan tersebut sampai akhirnya membuahkan program pengembangan mutu. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi kemajuan kualitas pendidikan di Tara Salvia.

One thought on “School Self-Assessment (SSA) dan Peningkatan Mutu Sekolah

  1. Sekolah bisa dikatakan bagus, tergantung dari seberapa besar hak – hak anak terpenuhi. Menurut survei pendidikan yang dilakukan oleh harian KOMPAS , preferensi pilihan orang tua terhadapa sekoalah bukan lagi pada fasilitas, biaya atau kurikulum. GURU…. adalah kulitas yang dipentingkan orang tua. Artinya guru menjadi fokus perhatian masyarakat. Mari kita meningkatkan mutu pendidkan Tara Salvia dengan menjadi GREAT TEACHER!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: