Quality Assurance atau Penjaminan Mutu

Saat ini jarang sekali sekolah menjalankan Penjaminan Mutu atau Quality Assurance di sekolahnya. Padahal, sekolah harus membuat rencana Pengembangan Mutunya guna peningkatan kualitas Pembelajaran. Untuk kepentingan tersebut, EduLab Tara Salvia menyelenggarakan Pelatihan Quality Assurance pada tanggal 9-10 februari 2009 yang lalu selama dua hari.

Pelatihan yang rencananya hanya diperuntukkan 40 peserta berkembang menjadi 90 peserta lebih sehingga penyelenggara harus membaginya menjadi dua gelombang. Bertempat di Sekolah Tara Salvia, Bintaro, akhirnya gelombang ke dua dilaksanakan di bulan Maret. Fasilitator materi tersebut adalah penulis sendiri dan Bapak Prima dari World Bank.

Peserta pelatihan sangat beragam, mereka berasal dari Jakarta, Bogor, Banten, Bekasi, Depok, Lampung, Jambi, Palembang, Pontianak, Sidoarjo, Bandung, Cilegon dan Semarang. Mayoritas peserta adalah pemilik yayasan, pengurus yayasan, kepala sekolah dan manajemen sekolah lainnya.

Adapun materi yang diberikan adalah penjaminan mutu itu sendiri, sekolah efektif, bagaimana menilai sekolah, alat -alat penilaian ( Diagram Lotus, Diagram tulang dan diagram Ikan, Jaring laba-laba), Multiple Assessment, Data dan jenisnya, dan praktik membuat program pengembangan mutu dengan menerapkan SMART.

Semoga kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi sekolah-sekolah yang mengikutinya.

One thought on “Quality Assurance atau Penjaminan Mutu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: