Skip to content

Karakteristik Siswa Kelas 5-6

October 10, 2010

Mulai kelas 5, siswa akan menunjukkan perilaku yang berbeda dalam belajar.  Hal ini bisa membuat guru dan orang tua bingung bagaimana menghadapi mereka.  Berikut adalah fakta-fakta yang bisa kita pelajari sehubungan dengan siswa kelas 5-6 agar kita bisa memahami mereka dan bisa membantunya dalam belajar.

•Terjadi perubahan fisik dan beberapa anak merasa bingung atau tidak nyaman dengan perubahan ini.  Anak perempuan kebanyakan lebih  cepat dewasa dari anak laki-laki.
•Terjadi perubahan hormon dan emosi yang akan mempengaruhi konsep diri
•Perubahan di atas berdampak terhadap perilaku.  Mereka mulai menabrak nilai-nilai dan mencari or ang yang dapat diajak berdiskusi.
•Menginginkan kemandirian.  Mereka sangat ingin disukai oleh temannya.  Pendapat teman menjadi sangat penting dalam hal berpakaian, musik atau beberapa kegiatan.
•Cara berfikir berpindah dari konkrit ke abstrak.  Solusi dari orang dewasa terkadang ditolak, lebih senang mencari solusi sendiri.
•Orang tua atau guru sebaiknya tidak membandingkan mereka dengan yang lainnya.  Mereka ingin dianggap penting dan diberi kesempatan untuk memperlihatkan tanggung jawabnya.
Mudah-mudahan dapat membantu para pembaca.
About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s